Cakra Inovasi Developer Perumahan

Menata Rumah Aman Untuk Buah Hati Anda

Bahaya masih bisa mengintai dan mengancam untuk buah hati Anda,meski dirunah sekalipun.

Waspada, jangan lengah dan jangan menganggap rumah adalah tempat paling aman untuk buah hati anda.

Banyak faktor – faktor bahaya  yang terlihat jelas dan tersembunyi bila tidak ditangani dengan baik bisa berakibat fatal untuk anak – anak,khususnya anak dibawah 5 tahun.

Perhatikan sekeliling rumah dan mencari sudut – sudut atau benda-benda yang berpotensi mencelakakan. Segera lakukan sesuatu terhadap ancaman-ancaman tersebut,karena lebih baik mencegah daripada terlambat.

Ciptakan rumah bukan hanya nyaman,tapi juga aman dengan suasana ramah untuk anak-anak kecil.

Adapun Tips-tipsnya :

Menutup Tangga dengan Pagar

Dengan  gerak motorik yang masih terbatas dan keseimbangan yang belum terbentuk sempurna,anak-anak balita rentang tersandung bahkan saat berjalan dipermukaan yang rata.

Bila rumah Anda bertingkat,ada baiknya tutup bagian atas dengan Tangga dengan pagar untuk menghindari anak-anak terjatuh kebawah,yang bisa berakibat fatal.

Lindungi Anak dari Sudut Tajam

Furnitur dirumah dengan sudut-sudut siku yang tajam bisa melukai anak Anda.

Tinggi badan yang masih pendek,bagian tubuh vital seperti kepala dan mata beresiko untuk terantuk sudut-sudut furnitur seperti meja makan,meja konter dapur,kursi malas di teras belakang, hingga lemari.

Benturan dan goresan yang sangat keras bisa berakibat luka serius yang sangat menyakitkan bagi anak.

Untuk itu, Anda bisa membeli pelindung sudut tajam furnitur yang mudah ditemukan di toko furnitur atau toko online.

Bentengi Kolam Ikan atau Kolam Renang

Jika dirumah terdapat kolam renang atau kolam ikan,bisa dibentengi dengan pagar atau pembatas yang tidak bisa dibuka dengan mudah oleh anak.

Karna jika tidak dibentengi,beresiko membuat anak sangat fatal bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Stop Kontak Tertutup dan Tersembunyi 

Posisikan Stop Kontak di area-area yang sulit dijangkau oleh Anak-anak. Tindakan lebih lanjut yang bisa dilakukan untuk mencegah anak-anak memasukan jarinya kelubang stop kontak dan tersetrum adalah menggunakan stop kontak yang memiliki penutup.

Agar terhindar jari anak masuk kelubang stop kontak,penempatan yang tersembunyi dan penutup bisa mencegah masuknya benda-benda lain yang dimasukan oleh anak-anak.

Simpan Rapat Bahan Kimia dan Benda Tajam

Simpan bahan kimia dan benda-benda tajam di storage tertutup yang tidak bisa dengan mudah dijangkau anak-anak.

Misalnya di rak – rak dinding yang posisinya tinggi atau laci yang memiliki kunci.

Jangan sampai anak Anda bisa menjangkau bahan-bahan kimia dan memasukannya ke mulut karena bisa keracunan.Demikian juga benda tajam yang bisa melukai anak Anda.

Ruangan Luas dan Terbuka

Ruang tumbuh ideal bagi anak-anak adalah ruangan yang luas dan area terbuka yang cukup. Ruangan yang luas bisa membuat anak bergerak leluasa,bermain dan mengeksplorasi kreativitasnya.

Area terbuka seperti halaman belakang akan membuat anak Anda terbiasa bermain diluar ruangan yang juga bermanfaat untuk tumbuh kenbangnya.

Pada akhirnya,bukan hanya melakukan pencegahan dengan langkah-langkah diatas,anak-anak terutama balita juga perlu diawasi terus menerus meskipun berada didalam rumah,jangan sampai perhatian Anda luput dari anak.

 

Leave a Reply

*

captcha *